Kunci Membangun Kualitas Kehidupan – Di bulan Syawal ini, saya percaya banyak di antara anda yang halal bi halal sekalian reuni dengan teman-teman sekolahnya. Entah dengan teman-teman kuliah atau SMA, atau bahkan teman se-SD atau SMP.

Saat anda bertemu dengan teman-teman anda, coba deh anda perhatikan. Setelah sekian lama tidak bertemu, anda mengingat-ingat kembali seperti apa teman anda dulu dan anda membandingkannya saat sekarang. Tentu banyak perubahan dan perbedaan.

Mari kita lihat hal penting di sini. Anda dan teman-teman anda, sama-sama menghabiskan waktu yang sama setelah lulus sekolah hingga akhirnya bertemu. Lama tidak bertemu, anda melihat perbedaan diri anda dan teman-teman anda. Anda juga melihat perbedaan sesama mereka. Walau waktunya sama, ternyata kualitas kehidupan berbeda satu sama lain. Apa faktor yang menyebabkannya ? Sama halnya dengan anda bekerja di kantor, sama-sama bekerja 8 jam satu hari, mengapa penghasilannya berbeda?

Jika kita tarik lebih jauh lagi, Allah Swt sama-sama memberikan usia yang sama, katakanlah 60 tahun. Mengapa kualitas kehidupan setiap orang berbeda ? Jawabannya ada di firman Allah Swt berikut ini :

” Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. al-Mulk : 02).

Dalam ayat tersebut Allah menyampaikan kepada kita, Allah telah menciptakan kematian dan kehidupan yaitu waktu sebagai modal utama. Dengan modal waktu itulah Allah menguji siapa di antara manusia yang paling baik amalnya.

Modal waktu yang Allah berikan kepada manusia relatif sama, 24 jam dalam satu hari. Bagaimana kualitas kehidupan tergantung dari bagaimana manusia itu sendiri memanfaatkan waktu. Maka seperti apa kualitas kehidupan anda, apa yang membedakannya dari teman-teman anda. Bergantung pada tindakan-tindakan yang anda pilih dalam rentang waktu tertentu.

Jika di masa lalu, anda memilih untuk santai, menghabiskan waktu percuma, tidak mengasah skill dan expertise, bergaul dengan orang-orang yang tidak bertumbuh dalam kehidupannya. Maka kehidupan anda penuh penyesalan pada hari ini.

Jika di masa lalu, anda bekerja keras mewujudkan impian, mengembangkan kemampuan, bergaul dengan orang-orang yang positif, produktif dan kontributif. Maka kehidupan anda sekarang bertumbuh sebagaimana yang anda cita-citakan.

Jika di masa lalu anda banyak melalukan perkara yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya, senantiasa mendekat kepadanya, hati-hati dalam melangkah agar tidak terjerumus pada murka-Nya. Maka kehidupan anda saat ini penuh rasa syukur dan keberkahan.

Bagaimana pilihan tindakan anda di masa lalu, menentukan seperti apa anda saat ini. Dan bagaimana anda di masa yang akan datang, baik dunia ataupun akhirat. Tergantung dari pilihan tindakan anda saat sekarang.

Jadi, apa yang anda pilih untuk menghabiskan waktu dan membangun masa depan anda?

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Hud 15-16)

Mau ngobrol sama saya ? Follow twitter : @bonnisc atau Like saya di Facebook