Tahukah anda, saat ini bangun pagi dan memulai aktivitas lebih awal menjadi trend para pemimpin dan entrepreneur sukses. Orang-orang sukses memahami waktu pagi adalah waktu yang paling produktif. Sedangkan orang-orang yang hidup rata-rata atau di bawah itu masih tertidur lelap di pagi hari.

Jam 04 Pagi : Waktu Yang Paling Produktif

Sebuah laporan yang dipublikasikan Wall Street Journal mengatakan, jam 04 pagi adalah waktu yang paling produktif. Alasan di balik meningkatknya produktivitas di jam tersebut di antaranya :

  • Sedikitnya gangguan (seperti anak-anak atau pekerjaan) sebelum matahari terbit
  • Tidak ada orang yang kirim telp/sms/wasap/email di pagi hari
  • Kemungkinan kecil melihat sosial media karena tidak ada yang update status di jam itu

Produtivitas dalam konteks ini tidaklah mesti berhubungan dengan pekerjaan. Tren yang muncul di kalangan para pemimpin dan entrepreneur sukses, pagi hari merupakan “waktu suci” untuk melakukan sesuatu yang memberikan energi. Beraktifitas di pagi hari akan mempersiapkan diri anda untuk sukses di hari itu. Aktifitas yang dilakukan bisa berupa perawatan diri, olahraga, waktu keluarga, pertumbuhan pribadi, membangun spiritualitas dan lain sebagainya.

Berikut ini para eksekutif paling terkenal yang beraktivitas di jam 04 pagi :

  • Tim Cook : CEO Apple memulai rutinitas pagi jam 3:45
  • Sallie Krawcheck : CEO Evellest pernah menulis, ” Saya tidak bisa lebih produktif lebih dari pada jam 04 pagi”
  • Richard Branson : Entreprenenur Milyarder ini bangun pukul 05.00 untuk melakukan latihan dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ia berkata, ” Beraktivitas di pagi hari menempatkan saya dalam kerangka pikiran yang luar biasa sebelum terjun ke bisnis”
  • Michelle Gass : Mantan Presiden Starbucks EMEA (Europe, Middle East, Russia, Africa) menyetel alarm jam 04:30 untuk berolahraga pagi
  • David Cush : CEO The Virgin America bangun jam 04:15 untuk menelpon rekan bisnis di pantai timur, kemudian mendengarkan radio siaran olahraga, membaca koran dan berolahraga

Nabi Saw Mendoakan Keberkahan di Waktu Pagi

Dan ternyata, tidur lebih awal dan memulai aktivitas di pagi hari dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ˜alaihi wa sallam. Bahkan beliau Saw pernah menyampaikan waktu pagi sebagai waktu yang berkah. Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ˜alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.

Allah mendoakan keberkahan di waktu pagi bagi umat Islam. Secara logika dan fakta, bangun di pagi hari membuat badan kita lebih semangat. Banyak waktu yang bisa kita gunakan lebih produktif. Bangun di pagi hari menjadikan kita bisa melakukan berbagai macam amal shalih : Dzikir, baca al-Quran, membaca/menulis, dan lain sebagainya. Waktu yang digunakan secara produktif itulah menjadikan waktu yang penuh dengan keberkahan.

Yuk! Mulai sekarang bangun komitmen untuk bangun lebih awal, agar lebih produktif dan Allah menganugerahkan rezeki berkah melimpah !
Salam Berkah Melimpah

Boni Shallehuddin

Spiritual Capital Trainer